10 Pemain Sepakbola Muslim yang Tampil Luar Biasa di Eropa

Advertisement
Advertisement
10 Pemain Sepakbola Muslim yang Tampil Luar Biasa di Eropa - Piala Eropa 2016 yag barlangsung di Prancis ternyata diikuti banyak pemain muslim. Turki menjadi pemain yang paling banyak menyertakan pemain muslim, yakni delapan pemain. Kehadiran pesepak bola muslim itu tak lain karena arus imigrasi dari Afrika Utara dan Timur Tengah, serta hadirnya tim negara-negara Eropa timur yang notabene mayoritas Islam Bosnia dan Herzegovina. Bahkan Timnas Jerman saat ini pun diperkuat pemain-pemain Muslim. Mereka di antaranya adalah Shkodran Mustafi, Mesut Oezil, Sami Khedira, dan Emre Can.

Saat ini, bintang-bintang muslim itu mampu menembus persaingan di liga-liga top Eropa. Kehadiran mereka tak hanya menjadi pelengkap. Para pemain ini tampil luar biasa bersama klub masing-masing. Dan salah satu pemain dengan skill individu yang paling baik dan bersinar di liga perancis yaitu Zlatan Ibrahimovic yang lahir dari keluarga muslim. Dia lahir dan besar di Malmo, kota terbesar ke tiga di Swedia, dan tempat komunitas muslim paling besar di negeri itu. selain ibra ada juga Mesut Oezil pemain berdarah Jerman-Turki ini merupakan pemeluk muslim yang taat. Bukan cuma menunaikan salat lima waktu, dia kerap membaca Alquran serta berusaha ikut berpuasa saat Ramadan. Berikut Pemain Sepakbola Muslim yang kini tampil bersinar di liga-liga Eropa:


10 Pemain Sepakbola Muslim yang Tampil Luar Biasa di Eropa 


1. Yaya Toure

http://wa-emief.blogspot.com/2016/09/10-pemain-sepakbola-muslim-yang-tampil.html

Salah satu motor serangan Manchester City dalam beberapa tahun terakhir ini adalah salah satu yang paling menantikan bulan suci Ramadhan. Meskipun mulai mengalami penurunan performa, ia tetaplah andalan utama City, dan merupakan salah satu pemain terbaik The Citizens di musim lalu berakhir yang tak terlalu bagus. Musim panas ini, ia bisa berpuasa dengan tenang, sambil menikmati berita-berita tentang rumor transfernya ke klub lain yang semakin ramai.

2. Mesut Ozil


Satu lagi nama dari Premier League, Mesut Ozil. Playmaker Arsenal ini bermain untuk timnas Jerman meski memiliki darah Turki. Di separuh pertama musim lalu, ia tampil luar biasa dan tak berhenti menciptakan assist. Sayang penurunan performa timnya membuat penampilannya juga menurun, meski secara keseluruhan Ozil mampu mencatatkan 19 assist - jumlah yang luar biasa. Ia akan membela Jerman di Euro 2016 ini dan sudah mengonfirmasi akan melewatkan puasa di Ramadhan kali ini karena fokus untuk membela Jerman dan cuaca yang terlalu panas di musim panas ini. Beberapa waktu lalu, Ozil juga sempat membuat heboh media sosial dengan foto-fotonya ketika sedang umrah di Mekah.

3. Karim Benzema


Karim Benzema adalah salah satu nama yang jarang absen melaksanakan ibadah puasa, dan fakta bahwa ia tidak dipanggil untuk Euro 2016 membuatnya bisa menjalani ibadah ini dengan lebih lancar tahun ini. Penyerang andalan Real Madrid ini memang tak dibawa oleh Didier Deschamps karena skandal pemerasan yang sempat dialaminya musim ini. Meski sempat diganggu skandal tersebut, musim ini ia mampu mencetak 26 gol dari 27 penampilannya di La Liga. Deschamps mungkin akan menyesali keputusannya nanti, apalagi ketika bermain di Piala Dunia Brazil 2014 lalu, ia mampu menorehan tiga gol sembari menjalankan ibadah.

4. Franck Ribery


Seperti Benzema, Ribery juga tidak bermain di Euro 2016 dan bisa lebih fokus untuk beribadah Ramadhan. Bedanya, ia memang sudah pensiun sejak tahun 2014 lalu dari tim nasional Perancis. Kariernya sering diganggu cedera belakangan ini, meski ketika kembali bermain, Ribery tetap menjadi andalan Bayern Munich. Ia hanya enam kali menjadi starter di Bundesliga musim ini karena masalah cedera, tetapi tetap mampu mencatatkan dua gol. Ribery adalah seorang mualaf dan mengadopsi nama Bilal Yusuf Mohammed.

5. Seydou Keita


Pemain internasional Mali adalah salah satu menganut ajaran Islam di klub ibu kota Italia, Roma. Jeda kompetisi tahun ini membuat dirinya bisa menjalani ibadah dengan lebih tenang. Kendati sudah tidak muda lagi (36 tahun), ia masih kerap mendapatkan kepercayaan baik dari Rudi Garcia maupun Luciano Spalletti, terbukti dengan 20 penampilannya di Serie A musim ini, 16 di antaranya sebagai starter.

6. Sulley Muntari


Sulley Muntari merupakan muslim yang taat,dia tetap menjalankan puasa saat kompetisi seria-A berlangsung. Ada yang beda dalam selebrasi setelah dia mencetak gol ke gawang, Sulley Muntari segera sujud sebagai wujud rasa syukur; hal ini membuat banyak muslim Italia memujinya. Begitu juga ketika dia melakukan selebrasi dengan membuat huruf “C” di jarinya. Ada yang mengatakan itu inisial pacarnya, ada juga yang menyebutnya sebagai simbol bulan sabit yang identik dengan Islam.

7. Paul Pogba


Bintang muda yang kini bergabung dengan Manchester united , Paul Pogba merupakan seorang muslim. Ada foto Pogba yang tak lupa menjalankan ibadah salat Jumat, saat mengunjungi Dubai, Uni Emirat Arab pada akhir tahun 2014. Pogba mengikuti jejak ibunya Yeo yang juga seorang muslim. Dia beberapa kali terlihat sedang berdoa sebelum pertandingan berlangsung.

8. Eric Abidal


Sejak menjadi pemeluk Islam, Abidal berusaha menjadi seorang muslim yang taat dan selalu menjalankan ibadah. Sosok Abidal saat bermain di Barcelona merupakan bek andal dan pernah menjadi Timnas Prancis. Tidak hanya menjalankan ibadah sholat lima waktu dan puasa, dia juga sering terlihat membaca Al Quran sebelum bertanding.

Saat masih bermain klub sepakbola Barcelona, Abidal sering terlihat membawa tas kecil seperti teman-teman lainnya. Tapi ternyata isi tas Abidal bukan sepatu dan perlengkapannya yang menunjang untuk latihan. Pemain yang kini bernaung di AS Monaco itu membawa Al Quran dan selalu dibaca sebelum ataupun setelah pertandingan berlangsung.

9. Robin Van Persie


Banyak yang tidak percaya atau mempertanyakan keislaman dari pemain asal Belanda yang pernah merumput di Mancester United ini. Banyak yang menyebut, sekalipun dia menikah dengan seorang muslimah, Van Persie bukan penganut Islam. Tapi hal ini dibantah mentah-mentah oleh Van Persie. Ketika diwawancarai oleh media Inggris, ia berkata, “Itu tidak benar. Saya bukan seorang Muslim, bukan pula seorang Kristen, dan bukan juga seorang Yahudi. Jika Anda ingin menjadi seorang Muslim, itu harus datang dari hati,” oleh karena itu, mungkin sampai saat ini dirinya belum siap untuk sepenuhnya masuk Islam.

Ia tak ingin masuk Islam hanya karena menikahi seorang Muslimah. Meski begitu, banyak orang yang menilai perkataan itu hanyalah sekadar menutupijati dirinya sebagai mualaf. kenyataannya semenjak menikah dengan seorang muslimah, Van Persie rutin menjalankan puasa. Termasuk saat bermain di MU dan harus menjalani ketatnya kompetisi Liga Premier Inggris.

10. Zlatan Ibrahimovic


Di tengah hegemoni kaum non-Muslim yang mengusai semua sektor kehidupan dan kentalnya budaya Barat di Swedia, Ibrahimovic tumbuh menjadi pemuda sukses yang mampu mewujudkan ambisi menjadi pesepak bola tenar. Dia tidak pernah secara resmi menjelaskan agama yang dianutnya. Namun ada satu petunjuk dari tato yang melekat di badannya, yang artinya, "Hanya Tuhan yang Bisa Menilai Saya.". Baca: Biodata Profil Zlatan Ibrahimovic.

Hal itu menunjukkan bahwa dia masih memendam rahasia terhadap ibadah yang dilakoninya terhadap ajaran yang dipercayainya. Namun, dalam suatu kesempatan ia mengakui kalau dirinya adalah seorang Muslim, meski bukan termasuk golongan taat. Seperti tidak berpuasa ketika bulan Ramadhan tiba.

Baca juga:
10 Gaji Pemain Sepak Bola Tertinggi di Dunia.
Daftar Harga Sepatu Bola Nike Terbaru.
Gaji Tertinggi Pemain Sepakbola Indonesia Saat Ini.

Demikian 10 Pemain Sepakbola Muslim yang Tampil Luar Biasa di Eropa yang dapat di sampaikan. Semoga bermanfaat.

pemain sepakbola islam dunia, pemain sepak bola muslim, agama robin van persie, pemain sepak bola muslim terganteng, agama zlatan ibrahimovic, pesepak bola islam pemain bola kristen masuk islam, agama zinedin zidan, agama sami khedira, pemain bola eropa beragama islam.

Advertisement