Menu Makanan Sehat dan Anti Lapar Untuk Buka Puasa dan Sahur

Advertisement
Advertisement
Menu Makanan Sehat dan Anti Lapar Untuk Buka Puasa dan Sahur - Tanggal 6 Juni 2016 umat Muslim/ Islam di Dunia, terutama di Indonesia Telah melaksanakan ibadah puasa bulan Ramadhan. Semua kegiatan tentunya akan sedikit berubah, terutama lagi dalam masalah waktu makan yang dialihkan ke sore menjelang malam dan dini hari. Banyak orang yang bertanya-tanya tentang Makanan Sahur dan Buka Puasa yang Sehat dan cocok dikonsumsi. Makanan di bulan Ramadhan sebenarnya sama saja dengan di bulan-bulan lainnya. Namun yang terpenting adalah menjaga keseimbangan nutrisi, baik itu berupa cairan maupun jenis makanan yang dikonsumsi.

Berpuasa di bulan Ramadhan memang membutuhkan stamina yang lebih karena seharian harus menahan lapar dan haus di tengah aktivitas yang cukup berat. Tentu seorang muslim membutuhkan nutrisi atau makanan yang sehat, baik saat sahur maupun saat berbuka puasa. Namun, sudah tahukah anda jenis makanan buka puasa dan sahur yang sehat dan anti lapar? Maksudnya adalah makanan buka puasa dan sahur yang kita konsumsi selain sehat juga dapat membuat rasa lapar kita tidak cepat datang. Jadi puasa yang kita jalani bisa bertahan seharian tanpa ada keinginan kita untuk membatalkan hanya karena lapar.Berikut adalah makanan buka puasa dan sahur yang sehat dan anti lapar : 

http://wa-emief.blogspot.com/2016/06/menu-makanan-sehat-dan-anti-lapar-untuk.html
Makanan Sehat dan Anti Lapar Buat Buka Puasa dan Sahur

Menu Makanan Sehat dan Anti Lapar Buat Buka Puasa dan Sahur

 

1. kentang

Kentang termasuk jenis makanan yang mengandung karbohidrat kompleks tinggi dalam bentuk pati. 36 gram karbohidrat terkandung dalam setiap 1 cangkir kentang tumbuk mengandung cukup baik karbohidrat dalam bentuk pati. Selain itu kentang memiliki kandungan  vitamin C , Vitamin B6 , zat besi, dan memiliki kandungan serat tinggi.

2. Roti

Roti disini adalah roti gandum, bukan roti putih. Roti gandum sepotong saja mengandung 20 gram karbohidrat. Selain itu roti gandum mengandung vitamin, mineral, dan serat yang baik untuk metabolisme tubuh. Kurangi mengkonsumsi roti putih yang memiliki kandungan karbohidrat tinggi.

3. Biji-bijian

Biji-bijian yang mengandung karbohidrat kompleks dan serat tinggi disini adalah beras merah dan gandum. Setiap satu porsinya rata-rata mengandung hanya 38 mg karbohidrat, sehingga sangat baik untuk anda yang berpuasa sekaligus diet.

4. Sayuran Hijau

Sayuran hijau selain kaya akan karbohidrat, juga memiliki kandungan serat tinggi sehingga sangat baik untuk melancarkan pencernaan anda dan harus selalu tersedia saat menghidangkan makanan buka puasa dan sahur.

5. Putih Telur

Selain mengandung protein, putih telur juga memiliki kandungan karbohidrat tinggi, mengandung riboflavin, dan rendah lemak. Konsumsi putih telur akan membuat anda tidak mudah merasa lapar.

6. Sereal

Yang termasuk sereal disini adalah oat (oatmeal). Kandungan karbohidrat kompleksnya mencapai 98%, selain itu oat juga mengandung serat, protein, vitamin B, seng, dan zat besi yang diperlukan untuk proses metabolisme tubuh.

7. Pasta

Contoh dari pasta ini adalah pasta gandum dan pasta spaghetti. Setiap 1 cangkir pasta mengandung 32 gram karbohidrat dan memiliki kandungan vitamin B serta zat besi. Pasta sangat tepat anda konsumsi sebagai ragam menu makanan buka puasa dan sahur.

8. Buah Segar

Buah segar disini adalah jenis buah-buahan yang langsung bisa dikonsumsi dan mengandung karbohidrat kompleks, diantaranya adalah

-    Buah Semangka, memiliki kandungan vitamin C beta karotin sebagai antioksidan dan dapat mencegah katarak. Dalam setengah cangkirnya, mengandung 5,5 gram karbohidrat. Semangka memiliki kadar air tinggi dan rendah kalori yang baik dikonsumsi tubuh kita terutama saat haus.

-    Buah Apel, mengandung fitonutrien dan sebagai antioksidan yang diperlukan tubuh agar tetap sehat. 23 gram karbohidrat dikandung apel dalam setiap satu buahnya.

-    Buah Pisang, selain sebagai penghasil vitamin B6 dan vitamin C, buah pisang juga memiliki kandungan potasium dan berserat tinggi. Satu buah pisang mengandung 24 gram karbohidrat.

-    Buah Jeruk selain mengandung karbohidrat sederhana, juga memiliki kandungan fruktosa, glukosa, sukrosa, dan asam sitrat yang memberikan energi untuk tubuh kita. Tiap satu buah jeruk mengandung 18,5 karbohidrat dan 2,7 gram serat.

-    Buah Berry, seperti strawberry, blueberry, dan blackberry. Buah berry selain memiliki kandungan karbohidrat kompleks, juga mengandung antioksidan untuk melindungi tubuh dari radikal bebas. Strawberry dan blackberry mengandung 14 gram karbohidrat, sedangkan blueberry paling mengandung 21 gram karbohidrat dalam tiap cangkirnya.

9. Buah Kering

Buah kering dapat anda konsumsi sebagai hidangan pencuci mulut setelah anda menyantap makanan buka puasa dan sahur. Yang termasuk jenis buah kering diantaranya kurma, kismis, kiwi, dan plum. Dalam setiap setengah cangkirnya rata-rata mengandung 90 gram karbohidrat, selain itu juga mengandung serat dan vitamin penting lainnya yang diperlukan tubuh, terutama dihidangan bersama makanan buka puasa dan sahur.

10. Kacang-kacangan

Kacang-kacangan yang dimaksud adalah buncis, kacang polong, kacang merah, dan kedelai. Selain mengandung karbohidrat kompleks, kacang juga mengandung protein, asam lemak omega 3, vitamin, serta mineral.

11. Lada Merah

Lada merah termasuk makanan buka puasa dan sahur yang dapat membuat anda tahan lapar. Dengan menambahkan setengah sendok teh lada merah pada makanan kita, kita akan mengkonsumsi 60 kalori lebih sedikit saat makan berikutnya.

12. Susu Rendah Lemak

Susu rendah lemak diantaranya adalah susu kedelai, susu skim, dan yoghurt rendah lemak. Susu merupakan sumber protein, mineral, vitamin, riboflavin, magnesium, kalsium, kalium, dan jenis nutrisi lain yang dibutuhkan tubuh.

Dengan ulasan makanan buka puasa dan sahur yang sehat dan anti lapar di atas, kini anda bisa lebih bijak dalam memilih dan menentukan menu makanan buka puasa dan sahur setiap harinya. Anda tidak akan mudah merasa lapar, dan ibadah puasa dapat anda jalankan satu bulan penuh.

Baca Juga: 

Advertisement