Resep Membuat Cilok Gaul Bumbu Kacang Yang Lezat

Advertisement
Advertisement
Resep Cara Membuat Cilok Rumahan Gaul Bandung Yang Kenyal Empuk Enak dan Sederhana Bumbu Kacang- Cilok merupakan salah satu jajanan khas Indonesia yang sangat mudah untuk di jumpai. Ketika anda masih sekolah pasti sangat mudah menemukan makanan ini. Para pedagang cilok biasanya menjajakan cilok ini di depan sekolah, pasar ataupun di sekitar tempat yang penuh dengan keramaian. Cilok, walaupun dengar-dengar asal muasalnya dari daerah Jawa Barat atau lebih tepatnya Bandung, tapi saat ini rasanya cilok sudah menyebar dan bisa ditemukan dimana-mana. Mungkin hanya variasinya saja yang berbeda-beda, tergantung dari kreatifitas dan kekhasan selera citarasa dari suatu daerah. Ada cilok Ikan, cilok Malang, cilok Bakar, cilok daging, dsb.

Cilok memiliki rasa yang enak, gurih dan lezat juga memiliki tekstur yang sangat kenyal ini berbentuk bulat mirip seperti pentol bakso, hanya saja mungkin lebih banyak menggunakan tepung tapioka atau Kanji. Cilok sendiri merupakan nama makanan yang disingkat aci dicolok. Aci yang dicolok dengan tusuk sate inilah yang membuat makanan ini menjadi lebih menarik dan khas. Bakso cilok umumnya disajikan dengan sambal bumbu kacang atau saus tomat, sedangkan kreasi lanjutannya juga bisa di beri isi, dibakar ataupun digoreng. Di beberapa daerah seperti di Bengkulu, kuliner ini mirip dengan sate kojek dengan variasi ukuran pentul yang lebih kecil.

http://wa-emief.blogspot.com/2016/03/resep-membuat-cilok-gaul-bumbu-kacang.html
Resep Membuat Cilok Gaul Bumbu Kacang

Kuliner ini sangat ekonomis, membuat populer dan sering diburu, dengan begitu banyak sekali penjual cilok. Akan tetapi bagi siapapun para bunda hususnya, yang mau menghidangkan cilok lezat buatan sendiri, bunda bisa memperaktekan Resep Membuat Cilok Gaul Bumbu Kacang Yang Lezat  dibawah ini.

Resep Membuat Cilok Gaul Bumbu Kacang Yang Lezat  

 

Bahan Untuk Membuat Resep Cilok


-  tepung terigu 200 gram

-  tepung kanji sebanyak 200 gram

-  garam satu sendok teh

-  haluskan bawang putih 2 siung saja

-  merica bubuk se perempat sendok teh

-  kaldu ayam satu sendok teh.

-  air bersih 400 mili liter

-  daun bawang cukup 2 batang, iris tipis

Bahan Untuk Membuat Saus Kacang


1. Gula pasir satu sendok teh saja.

2. cuka sebanyak dua sendok teh.

3. sangrai 150 gram kacang tanah , kemudian dihaluskan.

4. Garam secukupnya.

5. Air secukupnya

Cara Membuat Saus Kacang


1. Haluskan kacang tanah sampai halus. Gunakan blender jika ingin hasil yang sempurna.

2. Kemudian tambahkan cuka, gula pasir, garam dan air aduk rata sampai adonan sedikit cair. Masak sebentar seperti membuat saus kacang untuk siomay.

Cara  Membuat Cilok Bandung


1. Langkah pertama adalah campurkan tepung kanji dengan merica dan garam , aduk sampai rata.

2. Didihkan air dan campurkan dengan bawang putih yang sudah dihaluskan dan kaldu ayam bubuk sampai mendidih dan tercampur merata, setelah mendidih masukan tepung kanji.

3. setelah menjadi adonan , masukan tepung terigu. campur rata.

4. Uleni adonan sampai benar-benar kalis dan tidak terlalu lengket.

5. Bentuk adonan menjadi bulatan-bulatan dan masukan kedalam air yang mendidih.

6. Rebus cilok sampai matang. Salah satu tanda bahwa cilok sudah matang adalah cilok tersebut akan mengambang.
Baca juga:
- Cara Membuat Cilor Makaroni Pedas dan Gurih.
- Resep Ceker Setan Super Pedas Enak dan Empuk.

Angkat cilok yang sudah mengambang, angkat dan tirikan. Ketika menghidangkannya tambahkan dengan saus tomat dan saus kacang yang sudah dibuat. Selain itu anda juga bisa menjadikannya menjadi cilok bakar. Anda tinggal menusuk cilok tersebut seperti sate kemudian bakar sebentar. Olesi dengan menggunakan saus kacang yang sudah anda buat. Untuk rasa yang lebih enak, anda bisa menambahkan sedikit daging ayam atau daging cincang. Selamat mencoba.

Nah itulah Resep Membuat Cilok Gaul Bumbu Kacang Yang Lezat. Bagaimana Mudah dan tidak membutuhkan waktu yang lama Bukan?. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat. Sallam Bunda!!

Advertisement