Resep Membuat Ayam Goreng Balado Super Pedas

Advertisement
Advertisement
Ayam Goreng adalah makanan yang sudah biasa disajikan dan juga banyak terdapat dimana-mana. Mungkin banyak diantara kalian yang sudah bosan dengan resep masakan yang satu ini. Namun bagaimana dengan ayam goreng yang disiram dengan bumbu balado..? Makanan balado lebih sering disukai orang-orang Padang dengan bumbu rempah dan citarasa yang sangat khas. Apalagi jika orang asli Padang sendiri yang memasaknya, pastinya rasanya akan sangat nendang dan dahsyat saat dimulut. Anda pasti penasaran dengan resep ayam goreng yang satu ini.

Selain rasa yang nikmat juga memiliki rasa pedas yang begitu menggoda selera. Karena memang bahan yang digunakan, dari bumbu sambal balado ini adalah cabenya yang digabungkan dengan rempah-rempah pilihan dengan cara ditumis. Proses cara memasaknya sama seperti membuat ayam goreng biasa namun yang lebih spesial dan lebih istimewanya ayam goreng ini dipadukan dengan bumbu balado yang begitu nikmat. Nah, Jika Anda hari ini ingin memasak ayam, maka olahan balado ini bisa menjadi satu pilihan yang pas. Agar tidak kehabisan ide saat memasak ayam tersebut, Anda bisa mencoba resep ayam balado. Berikut ini tips dan resep cara membuat Ayam Goreng Balado sambal merah super pedas yang nikmat dan enak:


http://wa-emief.blogspot.com/2016/03/resep-membuat-ayam-goreng-balado-super.html
Resep Membuat Ayam Goreng Balado Super Pedas


Bahan Resep Membuat Ayam Goreng Balado Super Pedas:

- daging ayam 1 kg, bisa utuhan atau bagian tertentu seperti paha atau yang lain
- daun salam 3 lembar
- serai 3 batang, cuci bersih dan geprek
- lengkuas 3 cm, geprek
- air 750 ml
- minyak secukupnya, untuk menggoreng

Bumbu yang dihaluskan:

- bawang merah 8 siung
- bawang putih 5 siung
- kemiri 3 butir
- ketumbar 1 sendok makan
- jahe 4 cm
- garam 1 sendok teh

Bumbu yang diuleg kasar:

- bawang merah 7 siung
- bawang putih 4 siung
- cabe keriting merah 15 buah atau bisa lebih (sesuaikan selera)
- cabe merah besar 5 buah
- air asam jawa 4 sendok makan
- gula putih 2 sendok teh
- tomat 4 buah
- garam, secukupnya
- kecap manis, secukupnya

Cara Membuat Ayam Goreng Balado Super Pedas:

1. Langkah pertama untuk membuat resep ayam balado sambal merah yang pedas anda bisa siapkan semua bahan yang dibutuhkan.

2. Kemudian bersihkan ayam dan potong sesuai selera. Setelah ayam bersih, rebus ayam dengan menggunakan bumbu yang sudah dihaluskan.

3. Setelah itu masukan serai, daun salam, lengkuas, dan garam. Masak hingga kuahnya habis dan empuk/ matang.

4. Setelah ayam matang, tiriskan kemudian goreng dengan menggunakan minyak yang panas sampai ayam berubah warna menjadi kuning kecoklatan. Goreng ayam hingga habis dan sisihkan.

5. Siapkan wajan dengan ukuran yang sedang, tumis bumbu yang sudah diuleg kasar sampai harum, kemudian masukkan ayam, aduk-aduk supaya bumbu tercampur. Beri garam, penyedap rasa (jika suka) dan kecap. Aduk kembali, masak hingga ayam mengering.

6. Setelah rasanya enak dan bumbu sudah mengering menempel dengan ayam, angkat dan taruh diatas piring. Ayam balado siap untuk disajikan.

Demikian tentang Resep Membuat Ayam Goreng Balado Super Pedas. Dan resep ayam balado sambal merah ini adalah resep yang sering dibuat orang Padang dengan citarasa yang sangat nikmat dan sedap. Jika anda tidak percaya, anda bisa mencoba dan membuktikan kelezatannya. Selamat Mencoba & Semoga bermanfaat. Wassallamu'alaikum ww..

Advertisement