6 Jajanan Unik Berbahan Dasar Tahu di Bandung

Advertisement
Advertisement
6 Jajanan Unik Berbahan Dasar Tahu di Bandung- Tahu merupakan hasil olahan dari bahan dasar kacang kedelai yang memalui proses pengendapan/penggumpalan oleh bahan penggumpal. Bahan dasar pembuatan Tahu dari Kacang kedelai yang mempunyai kandungan protein sekitar 30-45% dan banyak memiliki manfaat baik bagi kesehatan, seperti menurunkan risiko kanker, anemia, osteoporosis, dan kadar kolesterol. Sudah murah mengandung protein yang banyak pula, jangan salah loh di Indonesia Tahu jelas ikut menunjang peranan dalam pola makanan sehari-hari sebagai lauk-pauk maupun sebagai makanan ringan.

http://wa-emief.blogspot.com/2016/03/6-jajanan-unik-berbahan-dasar-tahu-di.html
Tahu sangat populer bukan hanya di Indonesia saja, bahkan dinegara-negara Asia lainnya, termasuk jepang, walaupun dengan sebutan yang lain yaitu tofu. Sebagai lauk, tahu biasanya diolah dengan cara digoreng, semur, dan pepes. Namun, tahu ternyata bisa dijadikan menu jajanan unik dan yang pasti enak banget. Bicara mengenai makanan ringan warga Bandung yang selalu inovatif dalam berkreasi sehingga menghasilkan olahan jajanan ringan berbahan dasar tahu yang begitu lezat dan unik. Kira-kira jajanan Tahu apa saja yang bisa kalian cicipi? Mari, kita simak 6 Jajanan berbahan dasar tahu di bawah ini:

1. Tahu Gejrot

Tahu gejrot adalah jajanan tahu yang terbuat dari tahu sumedang goreng disajikan dengan bumbu. Tapi, sebelum dicampur dengan bumbu itu biasanya abang-abang penjual Tahu Gejrot ini mengulek bawang merah dan juga cabe rawit di atas cobek kecil lalu tahu goreng dipotong kecil-kecil menyerupai dadu dan disiram oleh bumbunya.

2. Tahu Brintik

Tahu Brintik ini jajanan paling unik di Bandung yang cocok kamu nikmati disaat perut kamu berdendang. Yap! Maksudnya cocok banget dijadikan pengganjal perut. Tahu Brintik ini merupakan Tahu sumedang yang di goreng dengan tepung. Setelah matang, goreng tahu ini di lumuri dengan mayonnaise dan juga seperti saus sambal. Sensasi yang hadir ketika kita menjajal Tahu Brintik ini adalah pedas dan manis. Penasaran kan? Hmm, dijamin sekali coba pasti kamu ketagihan deh warga Bandung!

3. Tahu Peletok

Tahu ini merupakan tahu yang sudah dibelah di goreng terlebih dahulu dengan campuran tepung hingga matang dan berwarna kecoklatan. Setelah itu Tahu ini di potong-potong lalu di guyur semacam kecap yang terdapat cabe di dalamnya. Rasa dari bumbu itu sendiri seperti campuran kecap, gula dan juga cabe jelas rasa yang hadir terdapat rasa manis, gurih dan asin.

4. Tahu Jeletot

Tahu Hot Jeletot yang akan membuat Anda melotot bak melihat gadis sangat cantik. Salah satu cemilan favorit warga sekitar ini memang paling maknyus dimantap jika bosan dengan segala kuliner atau jajanan yang itu-itu saja. Bahkan bisa menjadi cemilan buat kamu pecinta pedas loh. Tahu hot jeletot ini pada dasarnya adalah gehu yang bercita rasa sangat pedas. Umumnya, gehu hanya tahu yang diisi toge, dilumuri adonan tepung, lalu digoreng. Selain toge, ada tambahan isi dari tahu hot jeletot ini, yaitu irisan wortel, irisan kol, dan tentu saja sambal cabai.

5. Tahu Bulat

Tahu yang kita kenal biasanya berbentuk kotak tapi jelas berbeda dengan Tahu yang satu ini. Inovasi yang hadir dari bentuk tahu yang berbeda ini membuat Tahu ini di pandang unik. Tahu bulat diolah dengan cara digoreng garing dan sangat enak disajikan hangat. Biasanya di sajikan dengan sambal, cengek ataupun bubuk cabai di atasnya.

6. Tahu Jablay

Jangan ngaco deh mikirnya! Tahu Jablay sama sekali tidak ada hubungannya dengan jablay yang satu itu loh! Tidak ada yang tahu pasti kenapa tahu ini disebut jablay, namun nama itu tiba-tiba terlontar dari sekumpulan anak muda yang sedang menikmati jajanan ini. Biasanya Tahu Jablay ini memiliki panggilan Tahu Jabs! Jadi, Tahu Jablay adalah tahu yang dipotong kecil-kecil seperti dadu, lalu digoreng kering lalu di beri bumbu bubuk seperti bubuk cabai, keju, BBQ.
Nah itulah 6 Jajanan Unik Berbahan Dasar Tahu di Bandung. Semoga bermanfaat & Sallam Kuliner!!

Advertisement