Tips Agar Mesin Motor Vixion Awet dan Tahan Lama Paling Ampuh

Advertisement
Advertisement
Tips Cara Agar Mesin Motor Vixion Awet dan Tahan Lama Paling Ampuh - Motor Vixion merupakan produk dari Yamaha yang banyak digemari pengendara sepeda motor terutama pada kalangan anak muda. Banyak orang menilai jika motor ini memiliki ke istimewaan performa dan tarikanya yang kencang. Motor Yamaha V-ixion juga motor injeksi yang sistemnya banyak main sensorelektrik. Perawatannya perlu perhatian lebih dibanding motor pada pada umumnya.Untuk fuel pumpnya, kalau bisa penggunaan bahan bakar Yamaha yang stabil jangan gonta-ganti. Jika Dalam melakukan perawatan mesin, kita bisa membersihkan mesin dengan menggunakan Carbon Cleaner. Dari nama produknya saja jelas kita sudah bisa mengetahui fungsinya yaitu untuk membersihkan atau mengurangi kadar karbon di intake, injektor, dan ruang bakar. Terus ke permasalahan operasional Yamaha Vixion kontak dulu jangan langsung start tunggu sensor kedipnya mati baru distarter. Karena arus yang ada di fuel pump baru bekerja setelah sensornya tersambung, dan perawatan kebersihan tangki Motor Yamaha Vixion perlu dijaga. Jangan pakai bahan bakar yang eceran karena kualitasnya akan ada efek di cara kerja pompa bensinya sendiri.

http://wa-emief.blogspot.com/2016/01/tips-cara-agar-mesin-motor-vixion-awet.html
Tips Cara Agar Mesin Motor Vixion Awet dan Tahan Lama Paling Ampuh

Dibawah ini Informasi terbaru akan berbagi info yang di ambil dari banyak referensi dan juga dari berbagai pengalaman pengguna motor yang lain agar mesin motor yamaha vixion anda awet tahan dan lama. Berikut ini Tips Cara Agar Mesin Motor Vixion Awet dan Tahan Lama Paling Ampuh :


1.  Panaskan Mesin Motor Sebelum di Jalankan


Kebanyakan pengendara sepeda motor yang kurang membaca , banyak sekali lupa memanaskan sepeda motornya mungkin disebabkan karena saking terburu burunya untuk menuju tujuan atau kepentingan yang lain. Sebelum menggunakan motor alangkah baiknya kita terlebih dahulu untuk selalu memanaskan mesin pada kendaraan kita , untuk waktu yang dibutuhkan tidak usah lama lama kira kira hanya membutuhkan waktu sekitar 5 – 10 menit. Perlu di ingat jangan melakukan Starter bila keadaan mesin pada sepeda motor masih dingin atau pertama kalinya dihidupkan terutama pada pagi hari, anda bisa panaskan dengan cara melakukan pedal/kick starter sebelum mesin motor di hidupkan.

Pada cuaca yang sangat dingin, maka motor tersebut khususnya untuk bahan bakar akan mengental dan meningkatkan viscositas. Hal ini tentunya dapat mempersulit pemompa bahan bakar untuk menyalurkan bahan bakar tersebut ke dalam silinder dalam waktu yang efektif, bukan itu saja tetapi juga ternyata dapat mempengaruhi komponen pada mesin maupun kelistrikan pada aki motor, nah makanya jangan memanaskan motor pagi hari dengan menggunakan starter lebih baik gunakan kick starter.


2.  Ganti Oli Motor Secara Rutin


Umumnya oli mesin motor yang biasa kita beli maka akan tertera untuk pemakaian 1500/km – 4000/km. Sedangkan untuk pemakaian 4000/km biasanya oli tersebut memiliki harga yang lumayan cukup mahal, Untuk motor merek honda dan oli yang digunakan yaitu ahm oil , pabrikan tersebut merekomendasikan untuk mengganti oli setiap 4000/km. Yang perlu di ingat bahwa jangan menunggu sampai Km-nya 2000/4000km, gantilah oli mesin motor anda setiap perpriode tergantung jarak tempuh motor yang anda gunakan setiap harinya , untuk lebih memahami mungkin kita perlu mengambil contoh misalnya untuk oli yang 2000/km.

-  Bila motor yang kita kendarai setiap harinya selalu menempuh dengan jarak 200 Km biasanya pekerjaan yang dilakukan untuk kurir, maka kita harus menggantinya setiap 2 minggu sekali kenapa harus 2 minggu sekali .?. Alasanya yaitu apa bila kita asumsikan misalnya 200/km x 6 hari kerja (seminggu )  maka kalau di total sudah 1200/KM. Kemudian tiba- tiba muncul sebuah pertanyaan kan belum 2000/km ?? Yap bener banget , perlu di inget, bahwa semakin mesin motor kita menyala secara terus-menerus maka dapat di pastikan bahwa oli yang ada di dalam akan semakin encer dan menghitam , bila oli motor kita sudah mulai encer dan menghitam maka kualitas pada oli sudah jelek dan kurang baik pada mesin motor.

-  Terus bagaimana dengan jarak pendek ataupun menengah??  Nah, apabila jarak pendek yang ditempuh misalnya untuk setiap bulannya 200/km-500/km, kalau dari pengalaman pengendara yang lain merekomendasikan untuk mengganti oli yaitu 1,5 bulan/sekali. sedangkan untuk jarak tempuh menengah yaitu antara 501/km sampai 200/km maka harus melakukan pergantian oli minimal 1 bulan sekali .

-  Kemudian ada pertanyaan lagi , bagaimana dengan oli yang baru di isi kedalam mesin motor tapi tiba tiba motor terendam banjir, ? dan mesin motor masih bisa di jalankan?? dari pengalaman yang sudah sudah maka anda bisa segera untuk menganti oli motor tersebut secepat mungkin.

3.  Lakukan Service Motor Secara Rutin


Untuk service motor secara mandiri yang bisa anda lakukan adalah dengan melakukan service secara berkala misalnya saja seperti penggantian oli ,melakukan check rantai motor , untuk melihat lebih detailnya mungkin bisa lihat dibawah ini :

-   Apabila jarak tempuh motor anda dalam sebulannya kira kira antara 2000/km sampai dengan 4000/km/ perblan maka anda bisa melakukan service setiap 2 bulan sekali, untuk service bisa langsung ke bengkel favorite anda atau langsung ke bengkel resmi pabrikan motor misal yamaha, honda dan lain sebagainya.

-   Apabila motor digunakan untuk jarak pendek dan juga jarak tempuh menengah maka lakukanlah service motor secara berkala setiap 3 bulan sekali, lakukanlah service motor secara bersamaan dengan penggantian oli pada sepeda motor anda.

-   Service motor diatas itu sudah termasuk pengecekkan kesemua onderdil pada motor anda misalnnya saja mulai dari kelistrikan motor, busi, rantai, ban motor, karburator, filter udara, konfirgurasi karburator, dan penyetelan lainnya yang biasa dilakukan oleh mekanik motor pada bengkel resmi motor.

4.  Gunakan SparePart Yang Asli dan Berkualitas


Agar motor awet tentunya gunakanlah sparepart yang asli ,karena walaupun memiliki harga yang lebih mahal dari pada yang kw atau yang biasa tentunya kualitas spartpart asli tersebut sudah tidak diragukan terutama yang berhubungan dengan mesin motor.

5.  Gunakanlah Bahan Bakar yang Berkualitas


Tips ampuh yang terakhir tentunya sahabat pembaca setia modifikasi.co.id sudah mengetahuinya yaitu selalu gunakan bahan bakar yang sangat berkualitas untuk kendaraan sepeda motor yang kita miliki .Untuk bahan bakar sendiri bisa menggunakan jenis premium atau pertamax, untuk pembakaran yang sempurna tentunya pertamax rajanya untuk yang biasa anda bisa menggunakan bahan bakar premium (bensin) untuk yang biasa orang gunakan untuk menjalankan motornya.

Nah itulah Tips Cara Agar Mesin Motor Vixion Awet dan Tahan Lama Paling Ampuh, semoga saja tips ini bermanfaat dan terimakasih atas kunjungannya. Semoga sukses & Sallam informasi terbaru!!

Advertisement