Resep Ceker Setan Super Pedas Enak dan Empuk

Advertisement
Advertisement
Ceker Setan Super Pedas Enak dan Empuk - Siapa yang tidak kenal dengan makanan yang satu ini, ceker ayam. Ya, Orang Indonesia pasti banyak yang suka dengan makanan gurih yang bertekstur lembut ini. Mengolah makanan ini biasanya di olah dengan rasa yang sangat super pedas, jadi anda jangan heran kalau mencicipi makanan ini akan keringetan. Salah satu contohnya ceker setan khas kota malang yang sekarang sudah banyak disukai oleh semua kalangan. Jika di daerah jawa barat ada yang namanya ceker midun yang mempunyai banyak macam varian resep kuah. Misalnya seperti, cekeran lapindo, cekeran laut mati, cekeran setan merapi, serta cekeran kuah bakso. Kuah ini juga ditawarkan mulai level pedas paling rendah sampai level terpedas yang menantang lidah. Varian itu dinamakan letusan tangkuban perahu, letusan gunung merapi, letusan galunggung, dan yang paling pedas letusan krakatau. Bagi yang belum mengetahui sebaiknya anda baca juga  Cara Bikin Ceker Ayam Tulang Lunak.

Untuk membuat ceker setan itu sendiri sebenarnya sangat mudah dan simpel, namun itu dia cabe yang dipakainya lebih banyak dari pada olahan lainnya. karena pedas memang menjadi ciri khas makanan ini sendiri itulah sebabnya makanan ini dinamakan ceker setan. Makanan ini dapat dijadikan sebagai lauk yang dapat dipadukan dengan nasi putih yang masih hangat. Akan semakin nikmat makanan ini jika dinikmati bersama dengan keluarga. Berikut di bawah ini adalah proses cara pembuatan Resep Ceker Setan Super Pedas Enak dan Empuk .

http://wa-emief.blogspot.com/2016/01/resep-ceker-setan-super-pedas-enak-dan.html
Resep Ceker Setan Super Pedas 

Resep Ceker Setan Super Pedas Enak dan Empuk

 

Bahan-bahan ceker setan


-  Ceker ayam ½ kilo, bersihkan
-  Daun bawang 1 btng, potong kecil
-  Daun salam 2 lmbr, pilih yang agak tua
-  Daun jeruk 2 lmbr, potong 2 bagian
-  Serai 1 btng, geprek memarkan
-  Lengkuas 2 cm, geprek memar
-  Jahe 2 cm, geprek memarkan
-  Gula pasir putih 1 sdm
-  Penyedap 1 sdm
-  Garam dapur secukupnya
-  Minyak 4 sdm, untuk menumis
-  Air 2 gelas sedang

Bumbu yang dihaluskan untuk ceker pedas


-  Bawang putih 5 siung
-  Bawang merah 5 butir
-  Cabe merah besar 5 buah
-  Cabe rawit pedas 25 buah
-  Kemiri 3 butir
-  Merica bubuk ½ sdt

Cara Membuat Ceker Setan Pedas Nikmat


1.  Tahap pertama, silahkan anda tumis terlebih dahulu bumbu yang dihaluskan sampai sedikit harum.

2.  Tambahkan kedalam tumisan batang serai, jahe, lengkuas, daun jeruk, dan daun salam, aduk lagi sampai tercampur rata.

3.  Tauangkan air putih bila aroma dan bahan tadi sudah agak layu, aduk dan tunggu mendidih.

4.  Masukan ceker ayam yang sudah dibersihkan lalu aduk sampai terendam, tunggu sampai ceker lunak dan matang.

5.  Bila kuah sudah menyusut, taburi daun bawang, lalu aduk lagi sampai sedikit layu. Angkat lalu sajikan ceker setan dalam piring saji. Baca juga : Cilok Bumbu Kacang.

Nah olahan ceker setan super pedas sudah bisa anda sajikan lengkap dengan nasi hangat, bila terasa kurang pedas silahkan saja menambahkan cabe. Biasanya cabe yang digunakan adalah cabe yang besar-besar, agar citarasa ceker semakin menggugah selera, selamat mencoba.

Itulah Resep Ceker Setan Super Pedas Enak dan Empuk Semoga bermanfaat dan terimakasih. Sallam bunda & Sallam dr Informasi terbaru!!

Advertisement