11 Tips Berkendara Motor Jarak Jauh Agar Aman dan Selamat

Advertisement
Advertisement
11 Tips Berkendara Sepeda Motor Jarak Jauh Agar Selamat, Aman Dan Nyaman - Berkendara Sepeda Motor memang mengasyikkan bagi banyak orang pada umumnya, selain membutuhkan bakar bakar yang lebih sedikit dari pada mobil, motor juga lebih fleksibel untuk melewati jalanan yang sering mengalami kemacetan. Namun jangan sampai keasyikan tersebut dapat merugikan diri sendiri apalagi orang lain. Keselamatan berkendara di jalan raya menjadi hal yang sangat vital, terlebih melihat semakin banyaknya angka kecelakaan yang terjadi pada akhir- akhir ini, baik yang melibatkan kendaraan roda empat maupun roda dua.

Jangan anggap remeh dan ringan tanggung jawab seorang pengemudi, baik itu sepeda motor, mobil pribadi, angkutan umum, dan bahkan pilot pesawat terbang. Para pengemudi tersebut harus tetap waspada dan bersikap tenang saat membawa kendaraan. Berkendara dengan motor cenderung lebih berbahaya, apalagi jika dilakukan untuk menempuh perjalanan yang cukup jauh. Banyak hal yang harus diperhatikan sebelum memutuskan untuk menempuh perjalanan jauh dengan sepeda motor.

http://wa-emief.blogspot.com/2016/01/11-tips-berkendara-motor-jarak-jauh.html
Berkendara Motor Jarak Jauh Agar Aman

Berikut ini adalah 11 Tips Berkendara Sepeda Motor Jarak Jauh Agar Selamat, Aman Dan Nyaman yaitu Sebelum Berkendara.


 11 Tips Berkendara Motor Jarak Jauh Agar Aman dan Selamat



1. Melakukan Pemanasan Tubuh: Agar tubuh dan mental tetap dalam kondisi yang fit dan siap untuk berkendara maka penting untuk selalu menjaga keseimbangan saat mengendara sepeda motor.

2. Memeriksa Kelengkapan Surat-Surat Berkendara: Mengantisipasi adanya pemeriksaan terhadap surat-surat berkendara seperti Surat Izin Mengemudi (SIM) dan Surat Tanda Nomor Kendaraan(STNK) maka sebaiknya selalu pastikan telah membawa sertanya.

3. Menggunakan Perlengkapan Berkendara: Perlengkapan berkendara bisa terdiri dari helm, alas kaki dan pakaian. Gunakanlah helm yang dilengkapi dengan alat pengencang. Gunakanlah alas kaki yang mengurangi cedera ketika harus bertumpu pada kaki. Gunakanlah pakaian yang nyaman serta dapat melindungi diri terutama pada kondisi cuaca yang dapat berubah.

4. Memeriksa Kondisi Sepeda Motor: Pemeriksaan terhadap kondisi sepeda motor dapat meliputi kondisi ban, lampu dan kaca spion serta rem.

Saat Mengendarai Sepeda Motor


5. Melewati Jalan Dengan Kondisi Tak Lazim: Umumnya badan jalan dibuat sedemikian rupa sehingga aman dan nyaman untuk dilalui namun tidak sering seorang pengendara sepeda motor harus melewati jalan dengan kondisi tak lazim seperti berlumpur, berbatu dan kondisi ekstrem lainnya, oleh karena pengendara sepeda motor harus lebih waspada agar terhindar dari kecelekaan.

6. Menjaga Postur Tubuh: Saat di atas sepeda motor, duduklah pada posisi yang mana memudahkan pengoperasian stang kemudi dan rem serta menjaga agar fokus pandangan tetap waspada baik ke arah depan maupun ke arah samping kanan dan ke samping kiri, untuk arah belakang maka manfaatkanlah kaca spion untuk melihat kondisi di belakang.

7. Pengoperasian Rem: Gunakanlah dengan seimbang rem depan dan rem belakang saat harus memberhentikan sepeda motor.

8. Menggunakan Jalur Jalan: Manfaatkanlah jalur kiri badan jalan namun jika harus menggunakan jalur kanan maka harus ekstra waspada agar tidak terjadi kecelekaan.

9. Melakukan Pindah Jalur Jalan: Mengingat kondisi lalu lintas yang kadang memaksa pengendara sepeda motor untuk berpindah jalur maka jangan lupa menggunakan lampu tanda berpindah (lampu sein).

10.Melewati Jalur Persimpangan Jalan: Mengingat kondisi lalu lintas yang kadang memaksa pengendara sepeda motor untuk berpindah jalur maka jangan lupa menggunakan lampu tanda berpindah (lampu sein).

11.Mematuhi Rambu-Rambu Lalu Lintas: Untuk memudahkan pengaturan berkendara pada umumnya terdapat berbagai rambu-rambu lalu lintas yang mudah dipahami dan dipatuhi oleh karena itu ada baiknya seorang pengendara sepeda motor untuk menambah pengetahuan seputar rambu-rambu lalu lintas.
Demikian 11 Tips Berkendara Motor Jarak Jauh Agar Aman dan Selamat. Dengan tips di atas, semoga perjalanan dengan mengendarai motor bisa jadi lebih aman. Selamat berkendara, jangan lupa untuk berdoa sebelum melakukan perjalanan agar diberkahi. Semoga bermanfaat,,Sallam oT!!

Advertisement