Tips Cara Merawat Vespa Tua Agar Mesin Tetap Awet

Advertisement
Advertisement
Tips Cara Merawat Vespa Tua Agar Mesin Tetap Awet - Mengurus motor tua, seperti Vespa super atau pun vespa px, pokoknya Vespa model tua memang butuh kecakapan dan kesabaran ekstra. Jika lalai dalam perawatan, sudah dapat dipastikan, Vespa tua akan sering mogok dan rusak parah. Merawat motor Vespa tua memang gampang-gampang susah. Bisa dikatakan gampang jika Anda sudah terbiasa dan tahu betul bagaimana cara merawat motor vespa tua dengan baik dan benar. Di sisi lain, merawat Vespa tua juga cukup susah lantaran ketersediaan spare part yang memang sudah sangat langka.
http://wa-emief.blogspot.com/2015/12/tips-cara-merawat-vespa-tua-agar-mesin-tetap-awet.html

Memiliki motor tua khususnya Vespa memang sesuatu yang membanggakan, apalagi jika motor vespanya masih asli, mulus dan terawat sempurna dengan baik, pastinya akan membuat orang yang melihatnya terpana dan terpesona juga ingin memilikinya. Berikut ini kami akan berbagi mengenai tips cara merawat motor vespa tua supaya tetap awet dan bandel.

http://wa-emief.blogspot.com/2015/12/tips-cara-merawat-vespa-tua-agar-mesin-tetap-awet.html
Cara Merawat Vespa Tua



Tips Cara Merawat Vespa Tua Agar Mesin Tetap Awet Dan Bandel:

 

1. Periksalah Karburator dengan rutin dan berkala. Karburator adalah bagian yang sangat penting, karena karburator sering kotor. Maka dari itu untuk menjaga kestabilan performa Vespa tua, karburator harus tetap bersih dari kotoran.

2. Kran bensin jangan sering dilupakan. Periksalah kran bensin dengan rutin, jangan sampai lalai. Tujuannya adalah agar oli dan bensin tidak tercampur menjadi satu, kalau sampai tercampur, motor Vespa tua akan mogok.

3. Lakukanlah pengecekan aki. Ini untuk Vespa generasi 80an yang sudah memakai aki untuk menghidupkan mesin. Periksalah aki secara berkala, karena kerak di kepala aki sering timbul yang dapat menghambat kinerja aki.

4. Rajinlah memeriksa busi. Ini adalah penyakit yang sering menyerang Vespa tua. Kinerja busi akan menurun jika kerak di busi sudah menumpuk, maka dari itu harus rajin untuk memeriksa dan  membersihkannya.

5. Kualitas oli samping jangan diremehkan. Vespa kan jenis kendaraan motor 2 tak, tentunya tak bisa lepas dari oli samping.Komponen yang bergerak dalam mesin Vespa didukung oleh oli samping, maka dari itu, supaya mesin Vespa tua awet dan bandelpakailah oli samping dengan kualitas yang baik. Jangan memakai oli samping murahan yang kualitasnya dibawah standar.

6. Disarankan Kontrol oli mesin dan oli samping, untuk mengganti oli mesin sebulan sekali. Kondisi itu dapat saja berubah, semuatergantung pemakaian Vespa.Sama halnya oli mesin oli samping juga usahakan jangan sampai berkurang.

7. Sering-seringlah mengecek tegangan tali kopling. Jika setingannya sudah berubah atau kurang tarik biasanya sudah mau putus.

8. Usahakan pakailah bensin pertamax. Kenapa harus pakai pertamax? Karena pertamax mengandung oktan yang lumayan tinggi, perbandingannya 88% oktan dan 12% minyak tanah, “itu yang saya tahu, jika salah mohon dibenarkan.” Dengan memakai bahan bakar pertamax, kinerja oli samping dan mesin jadi lebih ringan, karena kotoran disebabkan bahan bakar tidak ada. Kotoran dalam bahan bakar bensin dikarenakan kandungan minyak tanah yang begitu besar, samakin sedikit kandungan minyak tanah maka semakin sedikit kotoran dalam bahan bakar bensin.
Sumber : Dari berbagai sumber yang ada di internet.
Agar tidak ketinggalan informasi baca juga :  Daftar Harga Vespa Matic Piaggio Terbaru.

Demikian mengenai Tips Cara Merawat Vespa Tua Agar Mesin Tetap Awet, semoga menjadi ilmu yang bermanfaat dan mohon maaf apabila terjadi kesalahan. Sallam sukses dan Terimakasih.!!

Advertisement