Manfaat dan Khasiat Kangkung Untuk Kesehatan

Advertisement
Advertisement
Manfaat dan Khasiat Kangkung Bagi Kesehatan Tubuh. - Sayur hijau yang disebut sebagai Kangkung ini merupakan jenis sayuran yang seringkali dijumpai dan suka dimasak dijadikan resep kangkung atau tumis kangkung. Mungkin siapapun pernah memakan jenis sayuran hijau ini. Tanaman jenis sayuran Kangkung ini bukan hanya mempunyai rasa yang sedap untuk lauk ataupun camilan atas nama sayuran, tetapi juga tersimpan kandungan nutrisi yang lebih. Sejumlah zat penting seperti vitamin A. C dan B kompleks, kalsium, fosfor dan zat besi terkandung dalam kangkung. Manfaat kangkung untuk kesehatan yang paling unik dan tidak pernah disangka-sangka adalah kehebatannya dalam memerangi diabetes, kesehatan rambut bahkan bermanfaat untuk diet dan juga untuk ibu hamil.


Kangkung berasal dari wilayah India yang kemudian menyebar ke wilayah Asia, Australia dan Afrika. Penanaman kangkung dilakukan pada tempat yang basah seperti pada rawa atau permukaan lumpur. Berbagai jenis kangkung sudah di budidayakan secara luas. Yang terdapat di Indonesia sendiri adalah jenis kangkung darat dan kangkung air. Selain itu, sayuran ini sangat mudah penanamannya sehingga dapat dengan mudah dicari di pasar-pasar dan pedagang sayur. Selain manfaat di atas, sebagai sayuran hijau, kangkung memiliki ratusan manfaat bagi kesehatan tubuh, terutama mengandung klorofil serta serat yang sangat tinggi bagi kesehatan. Berikut Manfaat dan Khasiat Kangkung Bagi Kesehatan Tubuh.


http://wa-emief.blogspot.com/2015/12/manfaat-dan-khasiat-kangkung-untuk-kesehatan.html
Manfaat Dan Khasiat Kangkung

Kandungan Zat Gizi Kangkung

Kandungan zat gizi kangkung tidak kalah dengan sayuran lain, seperti pada Manfaat Daun singkong atau pun Manfaat Daun Pepaya. Sejumlah zat penting seperti vitamin A. C dan B kompleks, kalsium, fosfor dan zat besi terkandung dalam kangkung. Hal ini menjadi pertimbangan yang dapat anda lakukan untuk pemberian sayur kangkung sebagai menu asupan makanan sehari-hari.



Beberapa Khasiat Dan Manfaat Kangkung Untuk Kesehatan Tubuh


Beberapa kandugan nutrisi baik diatas, memberikan dampak positif bagi kesehatan. Diantaranya adalah sebagai berikut :

1. Kaya mineral


Sayuran kangkung memiliki kandungan nutrisi dan mineral yang sangatlah lengkap. Ada Vitamin A, B, C  Kompleks, asam folat, niasin, riboflavin, piridoksin. Di samping itu juga masih ada kalsium, besi, mangan, magnesium, kalium, seng dan tembaga. semua zat gizi tentu sangat bermanfaat bagi tubuh.

2. Diabetes


Kangkung juga memiliki manfaat bagi penderita kencing manis. Senyawa poli-fenolik pada kangkung ini dapat menurunkan gula darah bagi penderita diabetes.

3. Obat sakit gigi


Jika anda sakit gigi, kunyahlah beberapa daun kangkung yang masih mentah. Minyak esensial bernama eugenol yang ada pada kangkung mempunyai kemampuan antiseptik serta anestesi untuk sakit gigi anda.

4. Antioksidan


Kangkung mempunyai kandungan antioksidan yang sangat bermanfaat bagi tubuh antioksidan jenis pyuto yang ada pada kangkung sangat bermanfaat untuk mencegah radikal bebas yang dapat menyababkan banyak masalah kesehatan.


5. Bau mulut


Anda yang memiliki masalah pada bamulut, makanlah kangkung yang sudah di rebus setengah matang. Kandungan Cineol, estragole, icomene, dan phellandrene dapat membunuh mikroba dan mengurangi serta menghilangkan bakteri yang membuat bau mulut anda.

6. Mengontrol trombosit


Makan kangkung yang teratur mempunyai manfaat dapat mengontrol jumlah trombosit darah. Di samping itu, kangkung juga memiliki zat tertentu yang bisa mencegah pembekuan darah di pembuluh darah, jantung serta otak.

 7. Mengatasi insomnia


Kangkung mengandung unsur sedatif, artinya bisa membuat orang mengantuk dan membuatnya bisa tidur dengan pulas. Hal ini karena selenium dan zinc yang terkandung didalamnya bisa membuat syaraf kendur dan rileks. Semakin rileks syaraf kita, maka tidurpun akan semakin lelap. Akan tetapi bagi orang yang akan memulai beraktifitas, sebaiknya tidak berlebihan mengkonsumsinya.

8. Penyakit kuning


Penyakit yang berhubungan dengan kerusakan fungsi hati biasanya ditandai dengan warna kulit, mata dan lidah yang berwarna kuning. Maka tak heran jika orang awam menyebutnya sebagai penyakit kuning. Nah, ternyata kangkung mempunyai kemampuan untuk mengatasi penyakit tersebut. Ekstrak kangkung dapat melindungi hati dari kerusakan karena kandungan antioksidan daun kangkung yang cukup tinggi.


Nah, itulah Manfaat Dan Khasiat Kangkung Untuk Kesehatan. Mulailah konsumsi sayur-sayuran setiap hari, terlebih sayur kangkung. Semoga bermanfaat, sallam sehat..!!

Advertisement