9 Bisnis Sampingan Untuk Ibu Rumah Tangga

Advertisement
Advertisement
9 Bisnis Sampingan Untuk Ibu Rumah Tangga - Ibu rumah tangga selalu identik dengan seorang wanita yang pekerjaannya hanyalah membereskan rumah dan mengurus anak, serta di akhir bulan mnerima jatah dari suami. Bagi sebagian besar Ibu Rumah Tangga hal ini tentunya menjadi dilema. Apalagi jika saja suami mereka memiliki gaji yang tidak terlalu besar alias pas-pasan atau kurang.

Lalu, apakah ada solusi bagi kelompok Ibu Rumah Tangga? Ngurus suami dan anak bukan berarti tidak bisa mendapatkan uang sendiri. Ada banyak pilihan bisnis sampingan yang bisa dikerjakan oleh ibu rumah tangga di rumah. Usaha sampingan untuk ibu rumah tangga relatif mudah untuk dijalankan, hanya saja memang butuh konsistensi dalam menjalaninya pada awal-awal.


http://wa-emief.blogspot.com/2015/12/9-bisnis-sampingan-ibu-rumah-tangga.html
9 Bisnis Sampingan Untuk Ibu Rumah Tangga


Berikut ini ada beberapa pilihan Usaha Sampingan di Rumah yang bisa dilakukan Ibu Rumah Tangga. Tanpa meninggalkan kewajiban sebagai istri, ibu, dan pengurus segala urusan rumah tangga.


9 Bisnis Sampingan Untuk Ibu Rumah Tangga



1. Menjadi Blogger


Bagi yang suka menulis, bermain internet, menjadi blogger merupakan salah satu pilihan yang bijak. Kita bisa menulis content apapun di blog agar blog kita dikunjungi oleh banyak orang. Dengan banyaknya pengunjung pada blog kita, kita bisa menyediakan space iklan bagi orang yang hendak memasang iklan pada blog kita.

Bahkan ini bisa dijadikan sebagai salah satu passive income. Kita bisa mendapat pendapatan dari pemasang iklan yang numpang di blog kita. Cukup sederhana, tidak perlu banyak mengeluarkan modal, dan tentunya sangat cocok bagi ibu rumah tangga yang ingin berkarier di rumah.

 2. Membuka Online Shop


Online shop merupakan salah satu usaha paling banyak dilakukan oleh para ibu rumah tangga untuk mencari tambahan uang belanja atau sekedar hanya untuk mengisi waktu luang di rumah. Kita bisa membuka online shop dengan media website, google, atau sosial media seperti facebook, twitter, line, instagram, dan lain sebagainya.

Kita bisa memasarkan produk yang kita punya atau produk orang yang kita tawarkan. Seandainya kita ingin jualan tapi tidak mempunyai produk, kita bisa membuka online shop dengan sistem dropship. Dengan sistem dropship, kita hanya menawarkan produk orang lain, jika ada yang berminat dan memesan, pemilik produklah yang akan mengirimkannya pada customer dengan nama, alamat pengirim dan nomor HP pengirim ialah kita. Sistem ini cukup simple. Karena kita tidak perlu bersusah payah mengambil barang dan mengirimkannya pada customer.

3. Membuka Salon Kecantikan



Bagi ibu rumah tangga yang mempunyai hobi tata rias dan kecantikan, membuka salon di rumah merupakan salah satu pilihan yang tepat. Selain bisa melakukan hobi, juga bisa mengisi waktu dan menambah pundi-pundi penghasilan keluarga. Membuka salon memang membutuhkan sedikit modal. Tapi yang terpenting ialah modal ketrampilan. Seperti memotong rambut, merias, dan lain sebagainya.

Jika tidak punya tempat, kita bisa memakai salah satu ruangan di rumah kita untuk mendirikan salon kecil-kecilan. Awalnya memang space kecil-kecilan. Tapi lama kelamaan jika ditekuni, usaha salon akan menjadi besar.

4. Melayani Berbagai Macam Paket Ulang Tahun



Mungkin kita pernah melihat salah satu teman sekolah anak kita mengadakan pesta ulang tahun di sekolahnya. Dari beberapa orang tua, kebanyakan mereka lebih memilih memesan makanan dari catering daripada repot membuatnya sendiri.

Kita bisa memanfaatkan peluang ini untuk berbisnis melayani berbagai macam pesanan paket ulang tahun teman-teman anak kita di sekolah. Untuk marketingnya, kita bisa memberikan selebaran pada para orang tua wali teman sekolah anak kita. Mempromosikan produk saat ada acara undangan orang tua wali di sekolah.

5. Membuka Home Spa


Bagi wanita, melakukan spa tidak hanya sebatas kesenangan semata. Tapi telah menjadi sebuah kebutuhan. Namun sayangnya, tidak semua wanita mempunyai banyak waktu untuk datang ke spa merawat tubuh dan kecantikannya. Hal inilah yang menginspirasi para pebisnis spa untuk menjalankan usaha bisnis home spa.

Home spa adalah layanan spa di mana para konsumen bisa melakukan spa di rumah sendiri dengan mengundang para ahli spa. Jika kita ingin mencoba mengikuti usaha ini, hal pertama yang perlu kita lakukan ialah mempunyai ketrampilan. Jika kita memang mempunyai keahlian di bidang spa, kita tinggal pasang iklan “Terima Spa Panggilan Di Rumah” dengan menyertakan nomor telephon yang bisa dihubungi.

6. Membuka Kursus Memasak


Sekarang banyak sekali pelatihan-pelatihan memasak yang diselenggarakan oleh komunitas tertentu. Misalnya pelatihan pembuatan aneka kreasi coklat, aneka kreasi brownies, aneka kreasi cake, bento, tumpeng, dan berbagai macam makanan kreatif lainnya. Pelatihan tersebut dimaksudkan untuk memberi bekal pada beberapa ibu rumah tangga dengan ketrampilan khusus.

Jika kita mempunyai kemampuan untuk membuat kreasi masakan tertentu, kita bisa menjadi tutor membuat kreasi masakan. Diundang di berbagai acara ibu-ibu. Atau bisa pula mendirikan kelas memasak di rumah sendiri.

7. Bisnis Catering



Ini merupakan bisnis yang banyak dijalankan oleh ibu rumah tangga. Terutama bagi mereka yang mempunyai kemampuan membuat makanan. Selain mudah, kita tidak perlu menyewa tempat untuk mengawali usaha catering ini. Kita bisa memanfaatkan dapur di rumah untuk memasak berbagai macam makanan pesanan pelanggan.

Cara pemasarannya pun mudah. Cukup hanya melalui beberapa perkumpulan ibu-ibu yang ada di sekitar rumah kita. Misalnya kumpulan ibu-ibu arisan, ibu-ibu RT, Dasawisma, dan lain sebagainya.

8. Membuat Produk Camilan


Banyak sekali produk camilan atau makanan ringan yang dijual di pasar tradisional atau bahkan supermarket hasil dari produksi rumah tangga. Ini membuktikan bahwa produk rumahan bisa diterima di pasaran dan tidak kalah bersaing dengan produk buatan pabrik. Bahkan sekarang banyak produk makanan siap saji seperti nudget ayam yang diproduksi oleh ibu rumah tangga. Jadi, bagi yang mempunyai keahlian membuat produk makanan tertentu, jangan abaikan peluang ini.

9. Membuat Pernak Pernik Kerajinan


Bagi yang hobi dengan dunia pernak-pernik seperti bros, handmade, dan lainnya, bisa mencoba membuka bisnis ini. Pernak-pernik banyak diperlukan untuk acara seperi suvenir nikahan dan beberapa acara lainnya.

Untuk pemasarannya, kita bisa jual secara online atau melalui penawaran face to face. Modalnya juga tidak terlalu banyak. Hanya perlu ketrampilan, ketelitian, dan kerja keras.
Nah, itulah 9 Bisnis Sampingan Untuk Ibu Rumah Tangga yang bisa ditekuni di rumah tanpa menghabiskan banyak waktu atau mengurangi waktu berinteraksi dengan keluarga. Namun, pekerjaan ini juga membutuhkan perencanaan yang matang, kerja keras, kesabaran serta konsistensi sehingga betul-betul menghasilkan. Semoga Bermanfaat dan Terimakasih, Sallam,!!

Advertisement